Opsi Perawatan Kanker Payudara

Dengan perbaikan dalam perawatan kanker payudara dan tingkat kelangsungan hidup deteksi kanker payudara terus meningkat. Di masa lalu, pilihan pengobatan akan terbatas pada penelitian yang sangat sedikit tetapi sangat baik dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan kemajuan dalam jumlah perawatan yang tersedia dan peningkatan dalam metode pengobatan yang ada.

Berbagai pilihan yang tersedia untuk penderita kanker payudara meliputi:

o pembedahan, yang dapat berupa mastektomi, lumpektomi dan diseksi kelenjar getah bening,
o Radiasi
o Kemoterapi
o Herceptin
o Terapi hormon
o Dan tentu saja, ada terapi alternatif untuk dipertimbangkan

Praktik bedah telah meningkat belakangan ini dan seringkali mungkin menjadi jauh lebih tepat saat ini ketika melakukan pembedahan, memungkinkan ahli bedah untuk langsung ke sumber penyakit, dan menyebabkan kerusakan yang jauh lebih sedikit pada daerah sekitarnya. Kadang-kadang lumpectomy dapat dilakukan untuk mengangkat benjolan kanker tanpa mengangkat seluruh payudara. Ini perawatan kanker alternatif biasanya hanya akan dilakukan jika benjolan itu sangat kecil dan ahli bedah tidak berpikir kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening.

Jika ada kekhawatiran tentang ukuran atau penyebaran kanker maka mastektomi dapat dilakukan. Ini menghilangkan seluruh payudara yang terkena. Beberapa wanita mungkin meminta kedua payudara diangkat meskipun satu benar-benar sehat. Pengangkatan payudara yang sehat dikenal sebagai mastektomi profilaksis.

Biasanya dalam kasus kanker payudara invasif, prosedur kedua dilakukan bersamaan dengan mastektomi atau lumpektomi dan ini dikenal sebagai diseksi kelenjar getah bening. Ini melibatkan perluasan sayatan payudara ke daerah ketiak, atau dalam kasus lumpektomi membuat sayatan kecil, dan menghilangkan sebagian atau seluruh kelenjar getah bening untuk memastikan apakah kanker telah menyerang ini. Ini akan membantu ahli bedah dan ahli onkologi menentukan rencana perawatan terbaik

Terapi radiasi biasanya dilakukan sesaat setelah operasi ketika kulit pasien telah pulih. Selama terapi, radiasi tingkat tinggi dikirim langsung ke sel kanker. Radiasi juga menargetkan sel-sel yang mungkin tertinggal selama operasi, ini sering disebut sebagai “membersihkan” sel-sel kanker yang tersesat. Terapi radiasi mirip dengan xray yang diambil walaupun mungkin ada beberapa efek samping karena tingginya tingkat radiasi yang diberikan. Rasa sakit pada kulit dan “sengatan matahari” dapat terjadi.

Kemoterapi adalah penggunaan bahan kimia untuk mengobati penyakit. Karena itu diberikan melalui aliran darah sangat efektif karena bertindak pada sel-sel kanker yang membelah dengan cepat. Sayangnya bahan kimia tidak membedakan sel-sel yang sakit dan sehat sehingga dosisnya harus sangat tepat dan ada efek samping yang tidak menyenangkan seperti mual, rambut rontok, radang mulut dan kulit.

Tidak ada diskusi tentang perawatan kanker payudara yang tidak dapat menyebutkan bahwa ada sejumlah terapi alternatif yang tersedia seperti yoga dan akupunktur. Tidak mungkin untuk mengatakan apakah perawatan ini efektif karena tidak ada cukup penelitian yang tersedia namun mereka sering ditemukan untuk meringankan ketidaknyamanan yang terkait dengan perawatan konvensional sehingga mungkin layak dipertimbangkan sehubungan dengan rencana perawatan Anda. Selalu diskusikan hal ini dengan ahli bedah atau ahli kanker Anda sebelum memulai terapi alternatif apa pun.

Setiap pasien kanker payudara berbeda dan setiap rencana tempat pengobatan kanker Jakarta payudara akan sedikit berbeda dari yang berikutnya. Rencana perawatan yang paling cocok untuk setiap individu akan tiba setelah konsultasi antara tim kanker payudara Anda dan diri Anda sendiri.

Rita didiagnosis menderita kanker payudara pada usia 31 tahun. Orang tua tunggal dari anak perempuan berusia 7 tahun yang dia pahami sepenuhnya memiliki keprihatinan dan masalah yang terkait dengan kanker payudara dan perawatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *