Hiking Boots – Membersihkan, Merawat, Dan Memelihara Perlengkapan Mendaki Bagian Paling Penting Anda

Sepatu hiking yang berkualitas baik merupakan investasi yang bisa diharapkan bertahan lama, tetapi hanya jika Anda merawatnya. Artikel ini akan memberi tahu Anda cara merawat sepatu hiking dengan baik, mulai dari membaginya hingga menyelesaikannya, sehingga Anda akan mendapatkan nilai terbaik untuk investasi Anda.

Pada artikel ini, saya akan membahas lima poin utama perawatan dan pemeliharaan sepatu hiking Anda:

1. Membobolnya

2. Waterproofing.

3. Pembersihan dan perawatan umum.

4. Menyelesaikan.

5. Mengetahui kapan mereka memilikinya.

Breaking In Hiking Boots Anda

Tujuan dari melanggar di sepatu hiking Anda adalah untuk melunakkan mereka sehingga tidak akan melukai kaki Anda. Mereka harus dibuat fleksibel tepat di tempat kaki dan pergelangan kaki Anda menekuk. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah berjalan di dalamnya. Tujuan mematahkan sepatu hiking adalah dengan berjalan kaki singkat, jadi Anda tidak menemukan diri Anda berada di tengah hutan belantara dengan lecet dan sepasang sepatu hiking yang tidak fleksibel.

Sepatu hiking atau sepatu hiking sehari mungkin tidak memerlukan pembobolan, tetapi cobalah hanya untuk memastikan. Sepatu hiking yang sangat berat mungkin tidak benar-benar masuk, tetapi memakainya akan membuat kaki Anda tumbuh lebih keras di tempat-tempat sepatu bot itu menolak untuk ditekuk.

Dalam kedua kasus, apa yang ingin Anda lakukan adalah memakai sepatu hiking baru Anda untuk jangka waktu singkat. Kenakan itu di sekitar rumah, di jalan pagi, di jalan ke kantor dan kembali (atau pakai di tempat kerja, jika pekerjaan Anda tidak memerlukan banyak berjalan dan jika kode pakaian memungkinkan). Memakainya pada kenaikan pendek.

Begitu sepatu botnya rusak dengan benar, sepatu itu akan terasa nyaman saat Anda berjalan. Maka Anda siap untuk membawa mereka pada kenaikan yang serius.

Anda mungkin pernah mendengar tentang meninggalkan sepatu hiking baru di cuaca, atau merendamnya dan memakainya saat mengering, atau teknik drastis dan eksotis lainnya untuk menerobos masuk. Jika itu sepertinya ide yang buruk, itu karena itu. Hancurkan mereka dengan lembut, dan mereka akan bertahan lebih lama.

Tahan air Sepatu Hiking Anda

Sebagian besar sepatu hiking sudah tahan air saat Anda membelinya, tetapi Anda masih harus melakukan waterproofing tambahan. Periksa rekomendasi pabrikan, baik dalam dokumentasi yang menyertai sepatu bot atau di situs Web mereka.

Bahan yang berbeda membutuhkan berbagai jenis waterproofing. Kulit, apakah gandum utuh atau terbelah, membutuhkan senyawa kedap air berbasis lilin (yang persis seperti semir sepatu). Kain, terutama campuran nilon, membutuhkan semprotan kedap air berbasis silikon.

Karena sebagian besar sepatu hiking terbuat dari kombinasi kulit dan kain, Anda harus menggunakan kedua jenis waterproofing. Dan berhati-hatilah, karena semprotan berbahan dasar silikon dapat berbahaya bagi lapisan yang dilem dari sepatu hiking kulit. Pendekatan terbaik untuk sepatu hiking dengan dua bahan tersebut adalah dengan menyemprotkan anti air berbasis silikon pada panel kain sambil melindungi kulit, kemudian semprotkan anti air berbasis lilin pada panel kulit dan jahitan.

Jika Anda memiliki sepatu hiking kulit gandum, Anda bisa menggunakan semprot tahan air berbasis lilin atau semir sepatu kuno. Semir sepatu bekerja paling baik pada jahitan, karena Anda bisa meletakkannya pada lapisan yang lebih tebal dan mengerjakannya dengan jahitan dan jahitan.

Sebelum Anda pertama kali menggunakannya, dan setelah setiap kenaikan besar, bersihkan sepatu bot Anda secara menyeluruh dan berikan mereka perawatan anti air penuh. Sepatu hiking, yang jarang dipakai, mungkin memerlukan perawatan anti air hanya setahun sekali atau lebih, tetapi gunakan penilaian Anda. Jika Anda melihat lecet baru atau tanda bekas pakai setelah pendakian, aplikasikan kembali waterproofing.

Pembersihan dan Perawatan Umum Sepatu Bot Mendaki Anda

Bersihkan lumpur dan debu dari sepatu hiking setelah seharian hiking. Setiap kali Anda berhenti untuk istirahat besar saat mendaki, periksa sepatu bot Anda dan buang sisa lumpur atau debu. Untuk membersihkan sepatu bot Anda saat hiking atau berkemah, cukup tendang batu, gedor sepatu Anda bersama, atau kikis dengan tongkat jika perlu.

Jika Anda membiarkan lumpur mengering di sepatu bot Anda, itu akan membasuh lapisan anti air dan rendam ke dalam sepatu bot. Perlahan-lahan ini menghancurkan kulit, dan juga tidak baik untuk nilon.

Setelah Anda tiba di rumah, atau setidaknya setiap beberapa hari di perjalanan backpacking yang berkepanjangan, bersihkan sepatu bot Anda dengan kain lembab. Pastikan untuk melepaskan semua benda asing, jadi tidak ada yang mengganggu bahan kimia anti air, sehingga Anda dapat memeriksanya jika ada kerusakan.

Jika ada jahitan yang terlepas, potong benang yang menggantung. Jika benang yang menjuntai menangkap sesuatu, jahitannya akan terlepas lebih cepat. Tergantung pada tingkat kerusakan dan biaya sepatu bot, Anda mungkin ingin membawanya ke tukang sepatu untuk diperbaiki, atau cukup gunakan semir sepatu tambahan untuk menahan ujung longgar di tempatnya dan untuk memastikan bahwa jahitannya tahan air.

Jika sepatu bot Anda basah kuyup, keringkan perlahan. Pengeringan yang cepat akan membuat bagian-bagian kulit menyusut dan menjauh dari bagian-bagian kain dan dari sol karet. Kemas sepatu bot basah penuh koran gumpalan, dan ganti koran setiap beberapa jam sampai sepatu bot kering.

Di sela hiking, sepasang pohon sepatu akan membantu sepatu bot Anda menahan bentuknya. Dan ini akan sangat penting untuk kenyamanan Anda pada kenaikan berikutnya.

Menyelesaikan Hiking Boots Anda

Jika Anda memiliki sepatu bot backpacking yang bagus, sol sepatu bisa diganti saat aus. Ini akan dikenakan biaya mulai dari $ 40,00 hingga $ 80,00.

Sepatu hiking atau sepatu hiking sehari tidak layak untuk diperbaiki. Secara umum, bagian atasnya akan aus secepat sol, tetapi bahkan jika bagian atasnya tampak dalam kondisi yang baik, biayanya tidak masuk akal.

Cari tukang sepatu berpengalaman di kota Anda untuk menjual kembali sepatu bot Anda. Ada layanan di Web yang akan melakukan ini juga, tetapi biaya pengiriman menambah biaya keseluruhan. Manfaat utama adalah bahwa semua layanan tersebut menjamin pekerjaan mereka. Jika Anda tidak tahu tukang sepatu yang bisa Anda percayai dengan sepatu hiking yang berharga, cari “boot resole” di Web.

Setelah sepatu hiking Anda terselesaikan, sepatu itu akan seperti pasangan baru. Itu artinya Anda harus membobolnya lagi.

Mengetahui Saat Sepatu Bot Anda Usang

Periksa sepatu hiking Anda untuk dipakai, dan kenali kapan saatnya untuk menggantinya atau, jika layak, untuk berinvestasi dalam perbaikan besar.

Titik keausan yang paling jelas adalah tapak. Terkadang tapak akan terlihat aus, sehingga celah di antara tombol-tombol tapak tidak cukup dalam untuk memberikan traksi. Pada beberapa sepatu hiking, Anda akan menemukan bahwa ada dua lapisan di solnya, dan setelah bagian yang lebih lunak habis, Anda berjalan di bagian yang lebih keras yang tidak memberikan traksi yang baik pada hard rock.

Titik keausan umum lainnya adalah bagian dalam kerah scree (bantalan di bagian atas yang membuat kerikil keluar tanpa merobek tendon Achilles Anda). Jika lapisan telah aus dan bantalan busa telah terbuka, sepatu hiking Anda harus segera diperbaiki atau diganti.

Periksa lapisan sol sepatu hiking Anda. Sangat sering, Anda akan menemukan lubang di bawah tumit atau kaki Anda. (Sol yang dapat dilepas dapat mencegah hal ini, tetapi pastikan untuk mengganti sol secara teratur.) Lubang seperti itu akan segera mulai menyebabkan lepuh.

Dalam beberapa sepatu hiking, bagian atasnya akan mulai dipakai di jahitan. Anda mungkin menemukan bahwa jahitannya datang dengan sangat cepat, karena gesekan antar panel membuat kain lebih lemah, memungkinkan lebih banyak gerakan dan lebih banyak gesekan.

Sepatu hiking dan sepatu hiking sehari mungkin gagal karena sol sepatu terpisah dari bagian atasnya. Jika ini terjadi sebelum sepatu mulai menunjukkan tanda-tanda pemakaian serius lainnya, anggap itu sebagai pelajaran: Hindari merek itu di masa depan. Jika itu terjadi bersamaan dengan kegagalan lainnya, yah, ini saatnya untuk sepatu hiking baru.

Jika sepatu hiking Anda mengandung kulit dan kain, Anda mungkin menemukan bahwa kulit perlahan-lahan merentang dari ketegangan tali yang konstan. Kain akan mulai kusut saat kulit merentang darinya. Setelah ini dimulai, kegagalan jahitan akan segera menyusul.

Masalah lain dengan kulit peregangan adalah bahwa sepatu hiking Anda mungkin mencapai titik di mana Anda tidak bisa lagi mengencangkannya! Saya hanya pernah melihat ini sekali, pada sepasang sepatu hiking kulit split. (Benci melihat mereka pergi.)

Kulit gandum utuh, dirawat dengan baik, hampir tidak bisa dihancurkan. Jika tidak dirawat dengan baik, itu akan retak. Tidak banyak yang bisa Anda lakukan selain mengganti sepatu bot, dan mencoba merawat pasangan berikutnya dengan lebih baik.

Kesimpulan

Jaga sepatu hiking Anda, dan mereka akan merawat Anda. Jaga mereka bersih, tahan air mereka dengan senyawa waterproofing yang direkomendasikan pabrik, dan mereka akan melayani Anda untuk ribuan mil di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *